Rabu, 13 November 2013

Jenis benjolan pada leher

Jenis benjolan pada leher

Kanker thyroid yang berasal dari tempat lain atau sebagai metastasis dari tempat lain , tentunya pengobatannya haruslah pengobatan kanker asalnya. Pada kanker nasofaring pengobatannya dengan kombinasi khemoterapi dan radiasi atau khemoradiasi. Kanker di rongga mulut atau di daerah kepala, maka kankernya harus dioperasi bila masih dapat dioperasi , baru kemudian benjolan di lehernya dibersihkan dengan cara operasi diseksi kelenjar getah bening leher.

Kanker di leher yang terjadi secara sistemik, terutama jenis kanker kelenjar getah bening, pengobatannya dengan khemoterapi. Kanker ini memberikan hasil yang menggembirakan dengan khemoterapi.

Jadi benjolan yang terjadi di leher, jenisnya sangat banyak, antara satu pasien dengan pasien lainnya belum tentu sama penyakitnya dan tentunya pengobatannyapun berbeda dengan hasil pengobatan juga berbeda, walaupun sama-sama ada benjolan di leher. Ada kelompok yang tidak berbahaya, namun ada juga yang tidak.

Pelajaran dari kasus ini adalah, bila ada benjolan di leher, maka lebih baik waspada dengan menganggap penyakit ini berbahaya sampai dibuktikan bahwa benjolan itu tidak berbahaya. Tentunya penderita haruslah segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apa penyakit yang menyebabkan benjolan di leher tersebut dan dapat diobati sesuai penyebabnya. Pada benjolan di leher yang ternyata adalah kanker, masih dapat diobati bila stadiumnya masih dini,sehingga harapan kesembuhannya menjadi tinggi.

1 komentar

Unknown 30 Desember 2014 pukul 21.50

bener banget. jngn dibiarkan penyakit ini terlalu lama. harus segera diobati.
obat asam urat

Posting Komentar