Jumat, 03 Januari 2014

Bahaya Kanker Paru Paru

Inilah Betepa Bahayanya Kanker Paru Paru

Di antara ketiga jenis kanker ganas yang paling banyak diderita, yakni kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker leher rahim atau kanker serviks, yang paling cepat membuat penderitanya menuju kematian adalah kanker paru-paru. Penderita kanker ini biasanya hanya memiliki masa hidup satu hingga dua tahun setelah didiagnosis secara medis. Kanker leher rahim dan payudara bisa cepat diobati jika dapat dideteksi sejak dini, namun hal tersebut sulit berlaku untuk kanker paru-paru sebab pertumbuhannya yang sangat cepat. Sehingga penyembuhan kanker paru-paru menjadi yang paling sulit diantara kanker lainnya. Data WHO menyebutkan bahwa kanker paru-paru menempati peringkat pertama sebagai penyakit pembunuh diantara kelompok kanker.

Secara medis, penyebab pasti kanker ini sebenarnya belum diketahui. Selam ini hanya berkembang dua teori yang dirasakan mampu menjelaskan dengan baik. Pertama teori pleuripotential cell yang dikembangkan Auerbech, mengatakan bahwa sel-sel menyimpang menjadi kanker berasal dari penyimpangan yang terjadi pada proses diferensiasi sel punca. Kedua, teori small cell yang mengulas penyimpangan pada neoplasma sel kecil sebagai awal kanker. Namun, sekali lagi mengapa sel-sel tersebut bisa menyimpang pada satu orang namun tidak pada orang lain, masihlah belum diketahui pasti penyebabnya. Yang bisa diketahui dengan baik adalah faktor dan hal yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Sudah menjadi pengetahuan umum jika merokok, aktif maupun pasif erat kaitannya dengan kanker paru-paru. Tetapi rokok bukanlah satu-satunya yang bisa menjadi pemicu. Memang, fakta medis berkata jika 90% kasus kanker paru-paru yang diderita laki-laki dan 70% kasus kanker paru yang diidap perempuan disebabkan karena merokok, tapi kita tidak bisa mengabaikan faktor lain yang juga dapat memicu kanker ini. Faktor tersebut adalah zat-zat karsinogen atau zat-zat pemicu kanker yang terdapat di lingkungan sekitar anda seperti arsenic, nikel, kromat, asbes, pancaran oven, dan sebagainya. Jadi, meskipun anda tidak merokok, bukan berarti anda tidak beresiko terkena kanker ini jika tinggal di lingkungan yang karsinogenik, seperti tinggal di rumah yang beratapkan asbes.

Anda juga beresiko tinggi terkena kanker paru meskipun tidak merokok jika tinggal di lingkungan industry. Sebuah gas bernama radon yang terdapat di uranium biasa ditemui di lingkungan industry. Gas ini tidak berbau dan tidak berwarna sehingga sulit mendeteksi keberadaannya. Jangan lupakan pula nikel dan kronium yang banyak terdapat di lingkungan perkantoran modern. Meskipun zat-zat ini hanya berkontribusi sebesar 5% dalam memicu pertumbuhan sel kanker, hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena kanker paru-paru sangat sulit disembuhkan jika sudah dideteksi timbul. Penyembuhan kanker paru-paru akan sangat memakan energy dan sumberdaya penderitanya, meski dengan tingkat keberhasilan yang kecil.


Seperti penyakit kanker lainnya, semakin cepat terdeteksi maka akan semakin efektif pula penyembuhannya, terlebih lagi kanker paru yang lebih cepat menjalar ketimbang kanker lainnya. Gejala kanker paru yang patut menjadi bahan perhatian adalah batuk hebat yang terus menerus yang tidak juga kunjung sembuh, nafas sering sesak dan pendek-pendek, mudah merasa lelah berkepanjangan, pembengkakan yang terjadi di wajah atau leher, dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Jika gejala ini terjadi cepat-cepatlah didiagnosis lebih lanjut dengan melakukan prosedur medis seperti rontgen dada, Bronkoskopi, dan CT Scan. Jika terbukti didiagnosis mengidap kanker paru, langkah-langkan pengobatan harus segera dilakukan. Penyembuhan kanker paru-paru dapat dilakukan dengan cara pembedahan dengan membuang salah satu bagian paru-paru yang terkena kanker, dengan radiasi sinar-X dan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker, dan memimum obat-obatan yang mengandung zat untuk mencegah penyebaran sel kanker lebih lanjut.

Dewasa ini, penderita kanker paru juga tidak segan mencoba berbagai obat herbal yang dipercaya mampu membunuh dan mengurangi sel kanker, seperti obat herbal yang berasal dari kulit manggis. Kulit buah ini telah diteliti mengandung senyawa aktioksidan yang tinggi juga bersifat antiprolierasi sebagai penghambat pertumbuhan kanker. Ada juga obat herbal berbahan daun sirsak yang memiliki khasiat seperti kulit manggis. Pengobatan kanker paru-paru yang jelas harus memprioritaskan deteksi dini penyakit ini. Semakin cepat deteksi, kemungkinan untuk sembuh dari kanker paru juga akan semakin besar. 

Artikel Bermanfaat :

0 komentar

Posting Komentar